KANKER

Di jaman modern seperti saat ini, semua hal menjadi lebih cepat, praktis dan mudah. Akan tetapi, akibat dari modernisasi yang telah terjadi adalah kita menjadi terlena dengan kemudahan yang ada, sehingga kita lupa untuk menjaga kesehatan diri kita. Apalagi ditambah dengan terpicunya berbagai faktor resiko yang disebabkan oleh lingkungan sekitar kita, penyakit akan mudah menyerang tubuh kita termasuk penyakit kanker. Guna mencegah kanker,  kita perlu mengetahui lebih dalam tentang kanker.

Menurut WHO, kanker adalah istilah umum untuk satu kelompok besar penyakit yang dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh. Istilah lain yang digunakan adalah tumor ganas dan neoplasma. Salah satu fitur mendefinisikan kanker adalah pertumbuhan sel-sel baru secara abnormal yang tumbuh melampaui batas normal, dan yang kemudian dapat menyerang bagian sebelah tubuh dan menyebar ke organ lain. Menurut National Cancer Institute(2009), kanker adalah suatu istilah untuk penyakit di mana sel-sel membelah secara abnormal tanpa kontrol dan dapat menyerang jaringan di sekitarnya. Proses ini disebut metastasis. Metastasis merupakan penyebab utama kematian akibat kanker (WHO, 2009).

Kanker sendiri terbagi menjadi ; karsioma, limfoma, sarkoma, glioma, karsinoma in situ. Karsinoma merupakan jenis kanker berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, misalnya jaringan seperti sel kulit, testis, ovarium, kelenjar mucus, sel melanin, payudara, leher rahim, kolon, rektum, lambung, pankreas Limfoma termasuk jenis kanker berasal dari jaringan yang membentuk darah, misalnya sumsum tulang, lueukimia, limfoma merupakan jenis kanker yang tidak membentuk masa tumor, tetapi memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal Sarkoma adalah jenis kanker akibat kerusakan jaringan penujang di permukaan tubuh seperti jaringan ikat, sel-sel otot dan tulang. Glioma adalah kanker susunan saraf, misalnya sel-sel glia (jaringan panjang) di susunan saraf pusat. Karsinoma in situ adalah istilah untuk menjelaskan sel epitel abnormal yang masih terbatas di daerah tertentu sehingga dianggap lesi prainvasif (kelainan/ luka yang belum menyebar) (Akmal, dkk., 2010: 81). 21 Jenis kanker menurut penulis dibedakan berdasarkan sel penyebab awal dan organ yang diserang. Dengan demikian, jenis kanker dapat dibedakan menjadi karsioma, limfoma, sarkoma, glioma, karsinoma in situ.
Kanker dapat menyerang berbagai macam organ, seperti payudara, leher Rahim/serviks, kulit, hati, lambung, lidah, mulut, mata, otak, kelenjar tiroid, paru-paru, dsb. Di Indonesia sendiri, penyebab kematian terbanyak adalah kanker paru, tronkea dan bronkus diikuti kanker payudara dan kanker usus. Penyebab kanker sendiri Secara umum, ada dua faktor penyebab kanker yang paling sering terjadi, yaitu:

1. Faktor internal. Anda mungkin terlahir dengan mutasi genetik yang diwariskan dari orangtua Anda. Jenis mutasi ini bertanggung jawab atas persentase kecil dari penyakit ini.

2. Faktor eksternal. Kebanyakan mutasi gen terjadi setelah kelahiran dan tidak diwariskan. Sejumlah faktor dapat menyebabkan mutasi gen seperti merokok, radiasi, virus, bahan kimia penyebab kanker (karsinogen), obesitas, hormon, peradangan kronis dan kurangnya berolahraga.

Anda tanda dari kanker sendiri adalah munculnya benjolan tidak lazim, perubahan pada kulit di area tertentu, masalah pada kelenjar getah bening, berat badan turun tanpa sebab, batuk/sesak berkepanjangan, rasa sakit tanpa sebab, dan juga pedarahan tanpa sebab. 

Pencegahan kanker adalah menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup, menghindari stress, tidak merokok, menghindari kontak dengan bahan kimia karsirogenik, dll. 
Mari kita bersama menjaga serta mencegah diri kita semua agar terhindar dari penyakit kanker dan meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia setinggi tingginya, ayo hidup sehat!


M. Luthfi Abdul Ghafar 
Staff Divisi Penelitian & Pengembangan
ISMKMI Wilayah 3

Referensi 
Akmal, Mutaroh, dkk,. 2010. Ensiklopedi Kesehatan untuk Umum. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
National Cancer Institute. 2009. Breast Cancer. http://cancerweb.ncl.ac.uk/cancernet/100013.html. 3 maret 2009.
http://yayasankankerindonesia.org/tentang-kanker/jenis-jenis-kanker
https://hellosehat.com/penyakit/kanker/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/jenis-kanker-paling-mematikan/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PREVALENSI MENINGKAT SETIAP TAHUNNYA, DIABETES MELITUS TIPE II MENJADI ANCAMAN SERIUS DUNIA

Polusi Suara, Bahayakah ?

Indonesia masuk 10 Negara dengan Penderita TBC Terbanyak