GUIDELINE LOMBA KARYA TULIS ILMIAH "PUBLIC HEALTH COMPETITION" ISMKMI WILAYAH 3 2017
Guideline
LKTI
ISMKMI
Wilayah 3
2017
A. Nama Lomba
Nama Lomba ini adalah LKTI “ Public Health Competition
” Wilayah 3 ISMKMI 2016
B. Tema Lomba
Peran SKM dalam menghadapi
double burden disease
C. Sub Tema
a. Pendidikan
b. Sosial
c. Ekonomi
d. Teknologi Tepat Guna
e. Politik
atau Kebijakan
D. Waktu Pelaksanaan
No
|
Pelaksanaan
|
Waktu
|
1.
|
Pendaftaran dan pengiriman abstrak
|
30 Januari 2016 – 30 Februari 2017
|
2.
|
Pengumuman lolos abstrak
|
5 maret 2017
|
3.
|
Pengumpulan Full Karya
|
6 maret 2017 – 5 april 2017
|
4.
|
Penjurian
|
6 april 2017 – 15 April 2017
|
5.
|
Pengumuman 10 finalis
|
16 April 2017
|
6.
|
Presentasi 10 finalis LKTI
|
5 Mei 2017
|
7.
|
Pengumuman juara dan penyerahan Hadiah
|
5 Mei 2017
|
E. Ketentuan Teknis
Ketentuan Peserta
1. Peserta adalah khusus mahasiswa aktif kesehatan masyakat
dari seluruh institusi ISMKMI Wilayah 3 ( D.I Yogyakarta,Jawa Tengah,Jawa
Timur, Bali, dan NTB ) tingkat S1 dibuktikan dengan Kartu mahasiswa.
2. Peserta merupakan tim yang terdiri atas maksimal 3 orang
peserta dengan 1 orang menjadi ketua tim dan lainnya sebagai anggota
3. Setiap Institusi di wilayah 3 diperkenankan mengirimkan
lebih dari 1 tim.
4. Setiap peserta / tim diperkenankan mengirimkan lebih dari
1 karya dengan ketua tim yang berbeda.
5. Bersedia mengikuti seluruh serangkaian kegiatan LKTI “
Public Health Competition ” Wilayah 3 2017.
6. Setiap peserta Wajib
menaati semua peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia LKTI “ Public
Health Competition ” Wilayah 3 2017 selama mengikuti kegiatan lomba.
Ketentuan Karya
1. Karya tulis yang dilombakan harus sesuai dengan tema yang
disediakan oleh panitia.
2. Isi tulisan harus bersifat ilmiah pada bidang kesehatan
masyarakat.
3. Karya yang diikutsertakan dalam lomba merupakan karya orisinil yang belum pernah
dipublikasikan di media apapun dan belum pernah diikutkan dan dipresentasikan
dalam perlombaan dan bentuk sejenisnya.
4. Karya bersifat kreatif dan objektif.
5. Judul Karya tulis bebas yang bersifat kreatif dan
objektif.
6. Karya tulis harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan ( EYD ).
7. Penulisan karya harus logis dan sistematis.
8. Tidak mengandung unsur SARA.
9. Apabila ada bukti pelanggaran terhadap ketentuan yang
telah ditentukan,karya akan didiskualifikasi.
10. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak, dapat
dipertanggungjawabkan keobjektifitas, dan tidak bisa diganggu gugat.
11. Segala naskah karya yang ada menjadi hak panitia untuk
mempublikasikan naskah karya dengan tetap mencatumkan nama penulisannya.
F. Proses seleksi karya
Proses Seleksi akan
dilakukan secara bertahap yang terdiri dari babak penyisihan
abstrak,kualifikasi karya dan babak final ( Presentasi ) yang akan dijelaskan
sebagai berikut :
Teknis Pendaftaran dan abstrak
1. Setiap peserta tidak dipungut biaya pendaftaran (GRATIS) pada saat pendaftaran dan pengumpulan asbtrak.
2. Peserta mendaftarkan diri dengan mengirimkan formulir pendaftaran yang telah disediakan di wilayah3ismkmi.blogspot.com disertai dengan mengirimkan abstrak karya tulis dalam bentuk softcopy (.doc) sesuai dengan waktu yang telah ditentukan ke email : litbangismkmiwil3@gmail.com
3. Peserta wajib mengirimkan Scan Kartu Tanda Mahasiswa ke email yang telah ditentukan dan softcopy foto peserta ( Warna ) sebagai syarat administrasi lomba.
4. Semua file yang diperlukan,dijadikan satu file dalam bentuk .rar atau .zip dengan format nama : LKTIW3_Nama Ketua Tim_Nama Institusi_3 Judul Pertama”
5. Setelah melakukan pendaftaran dan pengiriman file yang telah ditentukan,peserta wajib mengkonfirmasi kepada panitia via sms selama 1x24 jam dengan format : “AbstrakPHC_Nama ketua tim_Nama Institusi_Judul Karya” Kirim ke Amanda (081233142608)
6. Abstrak yang telah terkumpul akan diseleksi sesuai dengan kriteria dan tema yang telah ditentukan.
7. Abstrak yang dianggap layak dan sesuai akan diumumkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
8. Pengumuman abstrak bisa dilihat di blog ISMKMI dan peserta yang lolos abstrak akan dihubungi oleh pihak panitia.
9. Abstrak yang dinyatakan lolos diwajibkan untuk melanjutkan karya nya menjadi Full Karya hingga pada batas waktu yang telah ditetapkan
10. Setiap peserta yang dinyatakan lolos wajib membayar biaya kualifikasi karya sebesar Rp. 150.000,00 per Tim ( Biaya sudah termasuk print karya ) ke rekening panitia PHC Wilayah 3 2016
Bank :
BRI
No Rekening :
6447-01-006658-53-4
a.n. :
Nur Anisah
111. Peserta/Tim
yang telah melakukan pembayaran dalam waktu 1x24 jam diwajibkan untuk
mengkonfirmasi kepada panitia via sms dengan format : “PHCW3_TR_Nama
pengirim_Nama Institusi_3 Judul pertama karya” dikirim ke Nur Annisah
(0895343430535 )
112. Bukti
pembayaran wajib disimpan dan dilampirkan dalam bentuk scan pada saat
pengiriman full karya.
Teknis Kualifikasi Karya
11. Full Karya harus dibuat sesuai dengan ketentuan penulisan
yang telah ditentukan oleh panitia.
22. Full Karya akan diseleksi secara ketat dan kualitatif
oleh dewan juri berdasarkan kriteria dan bobot karya sesuai dengan ketentuan
menjadi 10 karya terbaik
33. Pengumuman karya 10 terbaik akan diumumkan di Ismkmiwilayah3.blogspot.com, sosial media ISMKMI Wilayah 3 dan dari pihak
panitia akan menghubungi peserta/tim yang karyanya lolos.
44. Selanjutnya peserta/Tim yang karya nya dinyatakan lolos
dalam 10 karya terbaik akan diundang pada agenda presentasi finalis untuk
presentasi karya
55. Informasi terkait babak Grand finalis akan diinfokan
lebih lanjut.
66. Segala keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak
dapat diganggu gugat.
G. Penghargaan
Juara 1
: Piala Bergilir KORWIL 3 + Sertifikat + Uang Pembinaan
Juara 2
: Throphy + Sertifikat + Uang Pembinaan
Juara 3
: Throphy + Sertifikat + Uang Pembinaan
Informasi :
Email :
litbangismkmiwil3@gmail.com
Blog :
ismkmiwilayah3.blogspot.com
Cp : Amanda (081233142608)
Anisah ( 0895343430535)
H. Ketentuan Penulisan
11. Sistematika
penulisan karya mencakup sebagai berikut :
a) Halaman
Judul
• Judul diketik
dengan huruf capital
• Logo
sekolah/institusi
• Nama penulis.
• Nomor induk
penulis.
• Asal sekolah
atau institusi.
• Kota
• Tahun
penulisan
b) Lembar
Pengesahan ( Terlampir )
c) Lembar
Pernyataan Originalitas karya ( Terlampir )
d) Abstrak
Hanya 1 halaman dengan spasi 1 disertai dengan kata kunci
e) Kata
Pengantar
f) Daftar
Isi
g) Daftar
Tabel,Gambar,Lampiran (Jika ada)
h) Pendahuluan
Berisi Latar belakang,rumusan masalah,tujuan serta
manfaat dari penulisan karya.
i) Tinjauan
Pustaka
· Uraian
yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah
yang dikaji
· Uraian
mengenai pendapat terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
· Uraian
mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan
· Kutipan
akan lebih baik bila diambil dari sumber pustaka primer seperti jurnal
penelitian, buletin, buku, prosiding seminar, maupun internet. Namun tidak
diperbolehkan mengutip dari blog milik pribadi.
j) Metode
Penulisan
Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/ prosedur
pengumpulan data atau informasi. Penulisan dilakukan mengikuti metode yang
benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan/atau
informasi, pengolahan data dan/atau informasi, serta analisis sintesis.
k) Pembahasan
Analisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau
informasi dari berbagai referensi dan selanjutnya disintesis untuk menghasilkan
alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif
l) Penutup
Berisi simpulan dari penulisan dan saran yang dapat
disampaikan yang berhubungan dengan gagasan karya.
m) Daftar
Pustaka
Penulisan memakai sistem Harvard
n) Lampiran-Lampiran
22. Naskah
diketik pada kertas ukuran A4 dengan margin kiri 4 cm, atas 3 cm, ba
wah 3 cm, dan kanan 3 cm.
33. Tulisan
diketik dengan font Verdana 12 pt, dan spasi 1,5 (kecuali untuk abstrak spasi
1).
44. Naskah
terdiri dari 15-25
halaman (tidak termasuk Halaman Judul, Halaman Pengesahan,Halaman Pernyataan,
Kata Pengantar, Abstrak, dan Daftar Isi, Lampiran, Biodata Penulis)*
55. Penggunaan
gambar dan tabel diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan
kemunculannya dalam naskah.
66. Judul
gambar ditulis di bagian bawah gambar.
77. Judul
tabel ditulis di bagian atas tabel.
88. Halaman
naskah diberi nomor,
denganketentuan:
- Halaman pengesahan sampai dengan daftar isi, penomoran dicantumkan dengan angka romawi di bagian tengah bawah naskah.
-
Halaman pendahuluan sampai dengan lampiran
dicantumkan di
bagian pojok kanan atas dengan angka arab.
99.
Penulisan
daftar pustaka dan sitasi menggunakan model Harvard style.
Komentar
Posting Komentar