GUIDELINE LOMBA KARYA TULIS ILMIAH "PUBLIC HEALTH COMPETITION" ISMKMI WILAYAH 3 TAHUN 2017













Guideline LKTI

ISMKMI Wilayah 3

2016




A.     Nama Lomba

Nama Lomba ini adalah LKTI “ Public Health Competition ” Wilayah 3 ISMKMI 2016

B.           Tema Lomba

Peran SKM dalam menghadapi double burden disease

C.            Sub Tema

a.    Pendidikan
b.    Sosial
c.    Ekonomi
d.    Teknologi  Tepat Guna
e.    Politik atau Kebijakan

D.     Waktu Pelaksanaan

No
Pelaksanaan
Waktu
1.
Pendaftaran dan pengiriman abstrak
30 Januari 2016 – 30  Februari 2017
2.
Pengumuman lolos abstrak
5 maret 2017
3.
Pengumpulan Full Karya
6 maret 2017 – 5 april 2017
4.
Penjurian
6 april 2017 – 15 April 2017
5.
Pengumuman 10 finalis
16 April 2017
6.
Presentasi 10 finalis LKTI
5 Mei 2017
7.
Pengumuman juara dan penyerahan Hadiah
5 Mei 2017

E.      Ketentuan Teknis

Ketentuan Peserta

1.  Peserta adalah khusus mahasiswa aktif kesehatan masyakat dari seluruh institusi ISMKMI Wilayah 3 ( D.I Yogyakarta,Jawa Tengah,Jawa Timur, Bali, dan NTB ) tingkat S1 dibuktikan dengan Kartu mahasiswa.
2.  Peserta merupakan tim yang terdiri atas maksimal 3 orang peserta dengan 1 orang menjadi ketua tim dan lainnya sebagai anggota
3.  Setiap Institusi di wilayah 3 diperkenankan mengirimkan lebih dari 1 tim.
4.  Setiap peserta / tim diperkenankan mengirimkan lebih dari 1 karya dengan ketua tim yang berbeda.
5.  Bersedia mengikuti seluruh serangkaian kegiatan LKTI “ Public Health Competition ” Wilayah 3 2017.
6.  Setiap peserta Wajib menaati semua peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia LKTI “ Public Health Competition ” Wilayah 3 2017 selama mengikuti kegiatan lomba.

Ketentuan Karya

1.  Karya tulis yang dilombakan harus sesuai dengan tema yang disediakan oleh panitia.
2.  Isi tulisan harus bersifat ilmiah pada bidang kesehatan masyarakat.
3.  Karya yang diikutsertakan dalam lomba merupakan karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan di media apapun dan belum pernah diikutkan dan dipresentasikan dalam perlombaan dan bentuk sejenisnya.
4.  Karya bersifat kreatif dan objektif.
5.  Judul Karya tulis bebas yang bersifat kreatif dan objektif.
6.  Karya tulis harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan ( EYD ).
7.  Penulisan karya harus logis dan sistematis.
8.  Tidak mengandung unsur SARA.
9.  Apabila ada bukti pelanggaran terhadap ketentuan yang telah ditentukan,karya akan didiskualifikasi.
10.   Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak, dapat dipertanggungjawabkan keobjektifitas, dan tidak bisa diganggu gugat.
11.   Segala naskah karya yang ada menjadi hak panitia untuk mempublikasikan naskah karya dengan tetap mencatumkan nama penulisannya.


F.      Proses seleksi karya

Proses Seleksi akan dilakukan secara bertahap yang terdiri dari babak penyisihan abstrak,kualifikasi karya dan babak final ( Presentasi ) yang akan dijelaskan sebagai berikut :

Teknis Pendaftaran dan abstrak

1.    Setiap peserta tidak dipungut biaya pendaftaran (GRATIS) pada saat pendaftaran dan pengumpulan asbtrak.

2. Peserta mendaftarkan diri dengan mengirimkan formulir pendaftaran yang telah disediakan di wilayah3ismkmi.blogspot.com disertai dengan mengirimkan abstrak karya tulis dalam bentuk softcopy (.doc) sesuai dengan waktu yang telah ditentukan ke email : litbangismkmiwil3@gmail.com

3. Peserta wajib mengirimkan Scan Kartu Tanda Mahasiswa ke email yang telah ditentukan dan softcopy foto peserta ( Warna ) sebagai syarat administrasi lomba.

4. Semua file yang diperlukan,dijadikan satu file dalam bentuk .rar atau .zip dengan format nama : LKTIW3_Nama Ketua Tim_Nama Institusi_3 Judul Pertama”

5. Setelah melakukan pendaftaran dan pengiriman file yang telah ditentukan,peserta wajib mengkonfirmasi kepada panitia via sms selama 1x24 jam dengan format : “AbstrakPHC_Nama ketua tim_Nama Institusi_Judul Karya”  Kirim ke Amanda (081233142608)

6.  Abstrak yang telah terkumpul akan diseleksi sesuai dengan kriteria dan tema yang telah ditentukan.

7. Abstrak yang dianggap layak dan sesuai akan diumumkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

8. Pengumuman abstrak bisa dilihat di blog ISMKMI dan peserta yang lolos abstrak akan dihubungi oleh pihak panitia.

9. Abstrak yang dinyatakan lolos diwajibkan untuk melanjutkan karya nya menjadi Full Karya hingga pada batas waktu yang telah ditetapkan

10. Setiap peserta yang dinyatakan lolos wajib membayar biaya kualifikasi karya sebesar Rp. 150.000,00 per Tim ( Biaya sudah termasuk print karya ) ke rekening panitia PHC Wilayah 3 2016

Bank               : BRI
No Rekening  : 6447-01-006658-53-4
a.n.                 : Nur Anisah
111. Peserta/Tim yang telah melakukan pembayaran dalam waktu 1x24 jam diwajibkan untuk mengkonfirmasi kepada panitia via sms dengan format : “PHCW3_TR_Nama pengirim_Nama Institusi_3 Judul pertama karya” dikirim ke Nur Annisah (0895343430535 )
112. Bukti pembayaran wajib disimpan dan dilampirkan dalam bentuk scan pada saat pengiriman full karya.

Teknis Kualifikasi Karya

11.    Full Karya harus dibuat sesuai dengan ketentuan penulisan yang telah ditentukan oleh panitia.
22.    Full Karya akan diseleksi secara ketat dan kualitatif oleh dewan juri berdasarkan kriteria dan bobot karya sesuai dengan ketentuan menjadi 10 karya terbaik
33.    Pengumuman karya 10 terbaik akan diumumkan di Ismkmiwilayah3.blogspot.com,  sosial media ISMKMI Wilayah 3 dan dari pihak panitia akan menghubungi peserta/tim yang karyanya lolos.
44.    Selanjutnya peserta/Tim yang karya nya dinyatakan lolos dalam 10 karya terbaik akan diundang pada agenda presentasi finalis untuk presentasi karya
55.    Informasi terkait babak Grand finalis akan diinfokan lebih lanjut.
66.    Segala keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

G.     Penghargaan

Juara 1  : Piala Bergilir KORWIL 3 + Sertifikat + Uang Pembinaan
Juara 2  : Throphy + Sertifikat + Uang Pembinaan
Juara 3  : Throphy + Sertifikat + Uang Pembinaan


Informasi :
Email  : litbangismkmiwil3@gmail.com
Blog   : ismkmiwilayah3.blogspot.com
Cp       : Amanda (081233142608)
              Anisah ( 0895343430535)
                                                                                                                                          


H.     Ketentuan Penulisan

11.    Sistematika penulisan karya mencakup sebagai berikut :
a)    Halaman Judul
•     Judul diketik dengan huruf capital
•     Logo sekolah/institusi
•     Nama penulis.
•     Nomor induk penulis.
•     Asal sekolah atau institusi.
•     Kota
•     Tahun penulisan
b)    Lembar Pengesahan ( Terlampir )
c)    Lembar Pernyataan Originalitas karya ( Terlampir )
d)    Abstrak
Hanya 1 halaman dengan spasi 1 disertai dengan kata kunci
e)    Kata Pengantar
f)     Daftar Isi
g)    Daftar Tabel,Gambar,Lampiran (Jika ada)
h)   Pendahuluan
Berisi Latar belakang,rumusan masalah,tujuan serta manfaat dari penulisan karya.
i)     Tinjauan Pustaka
·      Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
·      Uraian mengenai pendapat terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
·      Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan
·      Kutipan akan lebih baik bila diambil dari sumber pustaka primer seperti jurnal penelitian, buletin, buku, prosiding seminar, maupun internet. Namun tidak diperbolehkan mengutip dari blog milik pribadi.
j)      Metode Penulisan
Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/ prosedur pengumpulan data atau informasi. Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, serta analisis sintesis.
k)    Pembahasan
Analisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi dari berbagai referensi dan selanjutnya disintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif
l)     Penutup
Berisi simpulan dari penulisan dan saran yang dapat disampaikan yang berhubungan dengan gagasan karya.
m)  Daftar Pustaka
Penulisan memakai sistem Harvard
n)   Lampiran-Lampiran
22.    Naskah diketik pada kertas ukuran A4 dengan margin kiri 4 cm, atas 3 cm, ba
wah 3 cm, dan kanan 3 cm.
33.    Tulisan diketik dengan font Verdana 12 pt, dan spasi 1,5 (kecuali untuk abstrak spasi 1).
44. Naskah terdiri dari 15-25 halaman (tidak termasuk Halaman Judul, Halaman Pengesahan,Halaman Pernyataan, Kata Pengantar, Abstrak, dan Daftar Isi, Lampiran,  Biodata Penulis)*
55.    Penggunaan gambar dan tabel diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah.
66.    Judul gambar ditulis di bagian bawah gambar.
77.    Judul tabel ditulis di bagian atas tabel.
88.    Halaman naskah diberi nomor, denganketentuan:
- Halaman pengesahan sampai dengan daftar isi, penomoran dicantumkan dengan angka romawi di bagian tengah bawah naskah.
-          Halaman pendahuluan sampai dengan lampiran dicantumkan di bagian pojok  kanan atas dengan angka arab.
99.    Penulisan daftar pustaka dan sitasi menggunakan model Harvard style.




Formulir Pendaftaran, Lembar Originalitas, dan Lembar Pengesahan dapat di download disini



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PREVALENSI MENINGKAT SETIAP TAHUNNYA, DIABETES MELITUS TIPE II MENJADI ANCAMAN SERIUS DUNIA

Polusi Suara, Bahayakah ?

Indonesia masuk 10 Negara dengan Penderita TBC Terbanyak